Sponsors

Adsense Indonesia

Motor Malaysia Contek Desain Yamaha Jupiter ?

Written By Admin on Thursday, March 24, 2011 | 1:11 PM

Produsen motor Malaysia saat ini sedang mengincar pasar motor Indonesia dengan beberapa model. Namun sayang dua dari empat model yang diperlihatkan ke Indonesia terlihat mencontek desain motor Jupiter keluaran pabrikan Jepang, Yamaha.

Kemiripan itu terlihat pada motor bermerek Demak yang berambisi untuk masuk pasar Indonesia. Kemiripan sangat jelas terlihat pada model DMS 110 dan DV 110. Pada model DMS 110 bentuk keseluruhan body terlihat mirip sekali dengan Jupiter MX keluaran Yamaha mulai dari tampak depan, samping hingga bentuk sayapnya.

Tidak berhenti sampai disitu pada bagian pedal kaki dan suspensi depannya, dan sistem pengereman bagian belakang pun terlihat kemiripan.

Namun yang membedakan DMS 110 keluaran Demak yang berasal dari Malaysia dengan Jupiter MX dari Yamaha ini. Terlihat pada bagian head lamp depan, DMS 110 memiliki head lamp tidak berada pada batok kepala. Tetapi terdapat pada bagian body depan layaknya milik Honda Vario.

Selain itu perbedaan juga terlihat pada sistem pengereman belakang. Kalau Jupiter MX masih menggunakan tromol untuk rem belakang, DMS 110 sudah menggunakan cakram.

Sedangkan model DV 110, terlihat mirip dengan Jupiter Z milik Yamaha. Bentuk tubuh DV 110 yang ditawarkan sangat mirip Yamaha hanya ditambah bentuk yang agak fusturistik dengan lekukan tajam. Namun bagian tail lamp kemiripan sangat jelas terliat.

Kemiripan lain terletak pada bagian head lamp depan. kedua motor baik Demak DV 110 maupun Yamaha Jupiter Z memiliki twin head lamp. Desain lampu sein yang ditaruh di bagian sayap depan juga terlihat mirip.

Namun bila Yamaha Jupiter MX dan Jupiter Z memiliki kapasitas mesin yang berbeda, untuk kedua motor Demak tadi memiliki kapasitas yang sama. Hanya dibedakan bentuknya tubuhnya saja.

Kedua motor ini dilepas dengan harga sangat murah. Untuk model DV 110 Demak hanya melepasnya dengan harga US$ 720 (Rp 6,2 juta). Sementara Model DMS US$ 790 (Rp 6,8 juta).

Nah ini kapasitas mesin kedua kendaraan berasal dari Malaysia ini.

Engine type            4 Stroke, OHC Single Silinder, Air Cooled
Piston  Displacement   110 cc
Maximum Power          5.8 KW
Transmission           Constant Mesh 4 Speed
Front Brake            Disc
Rear Brake             Disc
sumBERita

0 comments:

Post a Comment