Sponsors

Adsense Indonesia

Pustaka Wilayah Soeman HS - Pustaka Riau Termegah

Written By Admin on Thursday, November 25, 2010 | 3:37 PM

Namanya gedung Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau Soeman HS. Wuih, gedungnya megah dan kinclong banget. Dalemnya pun nyaman, bersih, dan lega. Pokoknya oke banget buat ditongkrongi mengisi liburan saat ini.

Gedung nan megah ini diresmikan oleh Bapak Drs H Wan ABu Bakar MS Msi, mantan Gubernur Riau, tepat pada Hari Peringatan Sumpah Pemuda, Selasa (28/10) lalu.Perpustakaan ini adalah perpustakaan batu menggantikan perpustakaan yang lama di Jalan Cut Nyak Dien (di belakang Gedung Dang Merdu ).

Gedungnya terdiri dari tiga tingkat. Lantai dasar (basement) diisi dengan ruang informasi, ruang bacaan anak, kafe, dan OPAC (sistem searching). Beralih ke lantai dua, di dana ada ruangan bacaan, loker penyimpanan barang (tas, jaket, dll ), ruang diskusi, dan tempat peminjaman dan pengembalian buku. Lantai dua dan lantai tiga sama seperti lantai pertama. Tapi pada dua lantai tersebut ditambah dengan ruangan internet.

Selain itu, mengenai buku, di perpustakaan Soeman HS ada sekitar 300.000 ekslemplar buku yang tersedia. Jenis buku bermacam-macam. Mulai dari jenis buku sosial, ekonomi, bahasa, agama, budaya dan sastra, sampai buku mengenai teknologi. Pokoknya, semua jenis buku ada deh semuanya.

Oya, Bagi kamu penikmat novel dan teenlit, juga ada lho. Selain itu, tempat tongkrongan untuk kamu baca-baca buku di perpustakaan Soeman HS juga asyik banget. Suasana nyaman dan tempatnya luas. Kamu tinggal pilih aja, yang mana kamu mau.

Dan bagi kamu yang ingin baca buku sambil berdiskusi dengan teman-temanmu, perpustakaan menyediakan tempat khusus. Namanya Ruangan Diskusi (RD). Di ruangan tersebut, kamu bebas mo ngapain aja. Tapi tetap ya, harus patuh pada aturan yang dibuat oleh petugas perpustakaan. Jadi jangan disalahgunakan. Oh ya, satu lagi, di ruangan itu, kamu juga bisa juga meliat pemandangan luar dari dalam gedung. Soalnya, dinding perpustakaan Soeman HS ini tembus pandang. Wah, asyik banget ya....

Mau seharian nongkrong di perpustakaan? Jangan khawatir. Karena perpustakaan ini juga menyediakan musala.

Pengunjung Membludak
Dengan adanya perpustakaan ini, mari kita tingkatkan minat baca kita untuk memberantas kebodohan. Seperti yang telah dikatakan Bapak Sudirwan Hamid kepada Xpresi, bahwa sesungguhnya minat baca masyarakat Riau itu bukannya rendah, tapi ada faktor-faktor yang menjadi penyebabnya.

”Saya menggangap minat baca masyarakakat itu bukan rendah, tetapi adanya faktor yang mempengaruhinya. Di antaranya faktor kesempatan dan faktor ekonomi. Ini terbukti dari jumlah masyarakat yang membludak mengunjungi perpustakaan ini,” ungkap Drs H Sudirwan Hamid MH.

Dia mengatakan, setiap harinya, pengunjung perpustakaan Soeman HS, didatangi lebih dari 500 pengunjung.
Hmm. Banyak banget ya!
Ayo, rame-rame ke perpustakaan sekarang. Dijamin nggak rugi deh. Selain kamu dapat ilmu, kamu juga bakal gak suntuk di sana.

Oh ya, sekedar informasi juga. Bagi yang belum menjadi anggota Perpustakaan Soeman HS, segera daftarkan. Caranya gampang banget. Kamu tinggal mengisi formulir pendaftaran, dengan syarat Kartu Tanda Pelajar (KTP), bagi kamu pelajar SMP dan SMA atau pun tingkat SD, dan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) untuk umum. Selain itu, kamu dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 3000 untuk pelajar SD, dan Rp 8000 untuk pelajar SMP, SMA, dan umum.
sumBERita

0 comments:

Post a Comment