Sponsors

Adsense Indonesia

Malaysia Klaim Pulau Jemur, Pemprov Riau akan Klarifikasi

Written By Admin on Tuesday, September 1, 2009 | 3:08 PM



Pekanbaru - Malaysia kembali membuat ulah. Setelah mengklaim berbagai seni dan budaya Indonesia, negeri jiran itu kini mengkliam gugusan Pulau Jemur di Provinsi Riau sebagian kawasan wisata mereka. Pemprov Riau pun meradang dan berniat mengklarifikasi hal ini ke Konjen Malaysia di Pekanbaru.

"Kita sudah mendengar soal Pulau Jemur diklaim sebagai tujuan wisata negara Slangor, Malaysia. Karena itu kita akan segera meminta klarifikasi dari Konsulat Malaysia di Pekanbaru. Kalau memang benar pengklaiman pulau itu atas nama negara Malaysia, tentu akan kita tanya apa dasarnya," kata Gubernur Riau, Rusli Zainal melalui juru bicaranya, Kepala Biro Humas, Zulkarnain saat ditemui detikcom, Selasa (1/09/2009) di Kantor Gubernur Riau, Jl Sudirman Pekanbaru.

Menurut Zul, pengakuan Pulau Jemur masuk dalam tujuan wisata Slangor sangat tidak masuk akal. Sekalipun letak geografis Pulau Jemur berada di kawasan Selat Malaka, namun pulau itu masuk dalam wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

"Aneh saja, kalau tiba-tiba Malaysia mengklaim itu menjadi tujuan wisata mereka. Mengapa baru sekarang mereka klaim menjadi milik mereka, mengapa tidak dari dulu saja. Atau sekalian Riau ini
mereka klaim bagian dari negara mereka," kata Zulkarnain.

Zulkarnain menyebut, gugusan Pulau Jemur sampai saat ini masih dalam tapal batas wilayah Indonesia. "Dari mana jalannnya Malaysia bisa menganggap itu pulau milik mereka. Padahal di Pulau Jemur ada pos TNI AL," kata Zulkarnain.

Pulau Jemur adalah salah satu dari 9 pulau yang termasuk dalam gugusan Pulau Arwah di Kabupaten Rohil, Riau. Pulau ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah sehingga membuat pengunjungnya betah berlama-lama.

Tidak cuma itu, Pulau Jemur juga amat kaya dengan ragam ikan, satwa laut, dan terumbu karang. Semua itu sangat menggoda para wisatawan untuk memancing atau menyelam.

Pulau tak berpenduduk ini berjarak sekitar 70-an kilometer dari kota Bagan Siapiapi, ibukota Kabupaten Rokan Hilir.

Informasi mengenai penawaran Pulau Jemur sebagai daerah tujuan wisata tersebut dapat diakses di sejumlah situs pariwisata Travel Journal dan laman Osvaja.net yang menyebutkan bahwa Pulau Jemur sebagai destinasi wisata Negara Bagian Selangor, Malaysia.

Dalam situs Travel Journal dicantumkan lokasi dan peta Pulau Jemur yang dikatakan masuk dalam wilayah Selangor, Malaysia. Namun, tidak bisa diketahui informasi mengenai penanggung jawab laman pariwisata tersebut.


sumBERita

0 comments:

Post a Comment